Posted by: Djedi Widarto | February 18, 2008

Kunjungan ke Chiba University, Japan, in Winter 2008

Pada hari Senin 4 Februari 2008, saya bersama Dr. Sarmoko Saroso (LAPAN, Bandung) dan Febty Febriani (Kandidat Peneliti di Pusat Penelitian Fisika LIPI, Bandung) berangkat menuju Tokyo, Jepang, dengan menggunakan flight carrier Garuda. Keberangkatan ini adalah atas undangan Dr. Katsumi Hattori, Associate Professor of Geophysics, di Chiba University sebagai bagian dari implementasi kerjasama riset antara Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI dengan Faculty of Sciences, Chiba University (Periode 2005 – 2010), melalui bantuan pendanaan dari LIPI-JSPS Bilateral Program untuk periode April 2005 – Maret 2008. Kerjasama riset ini bertema ‘Ground-Based Monitoring of Seismo-Electromagnetic Signals in Indonesia’, dengan kegiatan utama berupa instalasi sistem pemantau variasi medan elektromagnetik (EM) di beberapa lokasi di kawasan busur Sunda bagian barat Indonesia, serta pemrosesan dan analisis terhadap data yang sudah tersedia. Beberapa sistem pemantau yang sudah beroperasi adalah Sistem Pemantau Sinyal Ultra-low Frequency (ULF) EM di Liwa (UPT Bencana Kebumian LIPI, Lampung Barat, September 2005; berhenti Januari 2006 karena data logger terbakar oleh kejadian short-circuit connection), Stasiun BMG Pelabuhanratu (Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, April 2007), Stasiun BMG Kototabang (Sumatra Barat, September 2007), Sistem Pemantau Sinyal Very-low Frequency EM di Stasiun BMG Lembang (Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Desember 2007). Pada April 2008 mendatang, kami akan memasang lagi sistem pemantau ULF-EM di Stasiun BMG Kotabumi, Propinsi Lampung. Beberapa sistem pemantau medan ULF magnetic telah dipasang pula oleh LAPAN di Pare-Pare (Sulawesi Selatan), Biak (Papua), Kototabang (Sumatra Barat), Kupang (NTT), dan Menado (Sulawesi Utara).

djedi_hattorilab_feb08c.jpg

Suasana ketika bekerja di Lab Seismo-Electromagnetics. Tampak Febty sedang mendapatkan mentoring dari Ishikawa-san, mahasiswa program doktor.

Kunjungan ke Chiba University kali ini adalah kunjungan yang ketiga atau terakhir dari kegiatan kerjasama tersebut. Beberapa kegiatan yang telah dihasilkan dari kerjasama ini adalah penyelenggaraan Mini-Workshop on Seismo-Electromagnetic Phenomena: Recent Progress pada 5 September 2005 di Kampus LIPI Sangkuriang Bandung, International Workshop on Seismo-Electromagnetic Phenomena (IWSEP2007) di Kampus LAPAN Bandung pada 6-7 Nopember 2007, International Workshop on Space and Lithosphere Environment Changes in Asia (IWSLEC2008) di Kampus JAXA Sagamihara, Jepang pada 29 Februari – 1 Maret 1008 , dan beberapa publikasi di jurnal nasional maupun internasional

Kunjungan kali ini akan berakhir pada 4 Maret 2008, dan kami bertiga akan kembali ke Indonesia pada tanggal tersebut. Pesawat Garuda yang kami tumpangi akan berangkat dari Tokyo Narita Airport pada pukul 11.00am waktu setempat, dan kedatangan di Bandara Sukarno-Hatta sekitar pukul 08.00pm Wibb, dengan transit sekitar 1 jam di Bandara Ngurah Rai Denpasar.

 

 

 


Leave a comment

Categories